Rabu, 24 September 2014

Probolinggo Kota Mangga dan Apel

Bagi anda yang biasa melintas di pantura Jawa Timur mulai dari Sidoharjo hingga ke Banyuwangi tentu pernah mampir ke Probolinggo. Siapa pun pasti tahu dimana Probolinggo itu berada. Ya….kota kecil Probolinggo berada di daerah pantura Jawa Timur sebagai kota yang terkenal dengan sebutan Bayuangga.


Apa sih "bayuangga" itu? Pertama terdapat kata "bayu" yang berarti "Angin". Angin yang menjadi ciri khas Kota Probolinggo bernama Angin Gendhing. Kata "gendhing" berasal dari nama daerah di Kabupaten Probolinggo. Kemudian "ang" dari kata "Anggur" dan "ga" dari kata "Mangga". 

Ciri khas Probolinggo sebagai Bayuangga menandakan bahwa daerah yang berangin kencang ini sudah sangat terkenal dengan mangga arum manisnya dan juga buah anggur yang produksi hasil perkebunan ini begitu melimpah membanjiri pasar Pulau Jawa hingga ke Jakarta. Musim petik mangga Probolinggo biasanya terjadi di bulan Oktober. Harga jual mangga ini cukup mahal tetapi Anda yang berkunjung saat panen mangga di daerah ini akan mendapatkan harga mangga sedikit murah karena produksi melimpah ruah dan terdapat di seluruh pasar tradisional.
Tak jarang wisatawan mancanegara atau domestik berbelanja mangga sebagai oleh-oleh. Buah ini dapat bertahan lama ketika dibawa dalam perjalanan panjang misalnya ke Jakarta. Rasa mangga akan tetap manis, maka kiat membeli mangga disarankan masih mengkal disaat panen mangga tiba. Selain perkebunan mangga, Probolinggo juga mempunyai sentra buah anggur yang berada di daerah Kelurahan Ketapang Kecamatan Kademangan.

Ya, Kota Probolinggo terkenal dengan sebutan "Kota Mangga dan Anggur". Dengan terkenalnya mangga dan anggur dari Kota Probolinggo, kedua jenis buah itu menjadi barang ekspor.

Dengan begitu makanan khas dari Kota Probolinggo yaitu buah mangga dan anggur.

sumber gambar : http://kotaprobolinggo.wordpress.com/2010/04/28/mangga-manalagi-khas-kota-probolinggo/



sumber gambar : http://balitjestro.litbang.deptan.go.id/id/bs4.html


http://arumsekartaji.wordpress.com/2011/07/18/probolinggo-kota-mangga-anggur-dan-seribu-taman/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar